Baluran, Pesona Afrika di Pulau Jawa

Baluran

Pulau Jawa yang luar biasa luasnya ini ternyata lengkap lho julukannya,ada Paris Van Java(Bandung), Swiss Van Java(Garut) dan ada juga Afrikanya Jawa, dimana hayooo? Melirik ke sebelah timur pulau jawa kalian akan menemukan padang Savana yang begitu luas. Tepatnya  di kabupaten Situbondo yang berbatasan dengan kabupaten Banyuwangi, nah disana kita akan tercengang melihat satu lagi keindahan Indonesia yang luar Biasa. Nama tempat yang luar biasa itu adalah Taman Nasional Bauran. Memasuki area ini hanya merogoh ke sebesar Rp. 2.500/orang, bayaran yang sangat murah namun dibalas dengan panorama yang fantastis. Kami berenam disambut hangat oleh Mas Joko salah satu petugas TN Baluran, ngobrol-ngobrol panjang lebar tetang TN Baluran dan mendengaran mas Joko bercerita membuat keinginan saya semakin membuncah untuk segera masuk kesana. Disana terdapat savana yang disebut Bekol, dan pantai cantik bernama Bama. Untuk menuju ke Bekol dari pos tiket masuk kami harus menempuh jarak sekitar 15 kilo dan memakan waktu sekitar 30menit karena jalan aspal yang kami lalui tidak semulus jalan aspal kebanyakan. Dari pos tiket suara burung sudah terdengar saling bersautan, tenang dan begitu alamiah mendengarnya sayang udara di sekitar Taman Nasional begit panas. “mbak, beruntung lho kesini bukan saat musim kemarau, ini panasnya belum seberapa jika dibandingkan saat kemarau” ucap salah satu petugas disana. Okey stop mengeluh karena panas, sesungguhnya menikmati perjalanan itu lebih mantap tanpa ditemani keluhan :p

Sepanjang perjalanan menuju Bekol kami disuguhi perpaduan antara hijaunya rumput dibawah keringnya pepohonan, waaaahh luar biasa sekali kau Africa Van Java :3.  Sesekali kami berhenti untuk mengabadikan keindahan tersebut ke dalam bentuk foto. Ditengah perjalanan kami dimanjakan oleh hutan sepanjang masa yang selalu hijau berseri apapun musimnya. Sampe juga di Bekol, Welcome to Bekol. Puluhan rusa menyambut kami di Bekol dan para empunya kamera langsung kalap melihat pemandangan langka ini, satu persatu turun dari mobil dengan perlengkapan perangnya(baca: kamera lensa dan tripod) hehe Bekol kering nan cantik ini dilatarbelakangi oleh megahnya gunung Baluran dan diatapi oleh birunya langit, sungguh Mahakarya Tuhan yang luar biasa. Gak Cuma rusa lho yang berkeliaran disana, kami juga ditemani burung, kera, ada kerbau pula.. ahhhhhhhh indahnya😀

Puas bermain-main dengan fauna kamipun melanjutkan perjalanan menuju Pantai yang gak jauh dari bekol, pantai Bama ini berjarak 3 kilo dari Bekol yaa lumayan deket lah dari sana tapi akse menuju kesana itu jalannya tanah merah dan batu semua tanpa aspal hehe siap mengemudikan apv ini dengan segenap perasaan😀 pasir putih, perahu dan Kano terapung langsung terlihat dari ejauhan, tak abar sanya ingin menyatu dengan mereka. Ganti baju da langsung menuju penyewaan Kano, satu Kano disewakan dengan harga Rp. 25.000, sepuasnya. Hahaha karena kami merupakan gank yang menjunjung tinggi konsep ‘hemat’ jadi kami Cuma sewa satu Kano untuk bertiga. berlibur murah meriah dengan bayaran yang luar biasaaaa ya Balurn jawabannya… bakal kangen Baluran nih kayanya🙂 see you next yaa….pengen nyoba safari malemnya, sama baluran yang sesungguhnya.. kuniiiiing🙂

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s